Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 12 Februari 2013

Creative Writing Junior High



Pada tanggal 7 dan 10 Desember 2012 lalu, beberapa siswa-siswi Junior High mengikuti sebuah workshop mengenai Creative Writing. Acara tersebut merupakan bentuk kerjasama SMP Vita dengan perpustakaan VITA dalam mengisi waktu setelah Ulangan Akhir Semester. Workshop tersebut diikuti oleh 4 siswa yakni Robin, Felicia, Jesslyn dan Patricia Anais, dengan pembicaranya adalah seorang penulis buku dongeng Nusantara yaitu Ms. Cerviena Susilo atau biasa dipanggil dengan sebutan Ms. Nana. Beliau merupakan lulusan dari Universitas Trisakti jurusan Desain Komunikasi Visual. Meskipun beliau tidak berlatar belakang sebagai seorang penulis yang biasanya identic dengan dunia Sastra, menulis merupakan hobby yang ia tekuni. Menurut Ms. Cerviena, menulis bukan untuk dipelajari tetapi merupakan kesenangan yang murni muncul dari hati sehingga ketika melakukannya mengalir begitu saja. Pengalaman yang di-sharingkan beliau juga menambah pengetahuan bagi ke-4 siswa tersebut. Ketika Ms. Nana duduk dibangku SMP, beliau sangat menggemari buku karangan W.S. Rendra, bacaan-bacaan tersebut digunakan untuk menambah perbendaharaan kata.
Ketika awal menulis, beliau menciptakan suasana menulis sebagai sebuah hobi, apapun moment yang terjadi dalam hidupnya selalu ia tuliskan dalam sebuah diary. Ketika menceritakan hal-hal tersebut beliau menceritakan dalam bentuk fabel (disimbolkan dengan hewan) sehingga cerita yang ditulis pun terkesan mudah untuk dicerna untuk berbagai kalangan usia. Menurut Ms. Nana, penulis merupakan “Tuhan“ dimana seorang penulis memiliki hak memilih alur cerita yang diinginkan mulai dari awal hingga akhir sesuai dengan daya imajinasi yang dimiliki. Selain menceritakan pengalaman tentang menulis, beliau juga memaparkan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat cerita pendek, antara lain :
1.       Menentukan tema : disini penulis harus menentukan jenis atau genre untuk cerita yang akan dibuat.
2.       Menentukan Alur : penulis mulai membuat jalan cerita yang terarah atau kerangka karangan. Selain itu penulis juga bias membuat synopsis yakni sebuah ringkasan sederhana dari cerita yang akan dibuat.
3.       Karakteristik yang memenuhi : merupakaan penentuan tokoh dalam cerita yang akan dibuat, untuk mempermudah membangun karakter dari tokoh tersebut biasanya penulis akan menciptakan tokoh yang karakternya sudah dikenal yakni orang-orang disekelilingnya.
4.       Setting latar, waktu dan tempat : penulis harus membangun sebuah setting latar, waktu dan tempat yang sesuai dengan cerita tersebut sehingga dapat menarik pembaca.
5.       Gaya bahasa : gaya bahasa harus disesuaikan dengan genre yang telah dipilih sebelumnya. Ketika penulis membuat cerita mengenai Malin Kundang yang merupakan cerita rakyat dari Sumatera Barat maka gaya bahasanya pun dapat menggunakan dialek daerah Minang.
6.       Tegangan cerita : disini penulis harus benar-benar memperhatikan bagian klimaks dari sebuah cerita sehingga membuat pembaca bertanya-tanya bagaimana kelanjutan dari cerita tersebut.
7.       Judul yang menarik : judul merupakan bagian yang terpenting dari sebuah cerita, judul diharapkan dapat mempersuasif seseorang untuk membaca cerita tersebut.
8.       Ikuti kaidah piramida : Maksudnya adalah ketika pada akhir cerita, alur cerita yang menyempit dapat membuat pembaca selalu mengingat cerita tersebut, sehingga membekas dalam pikiran pembaca bahwa cerita yang disuguhkan sangat menarik untuk dibaca.
9.       Semua unsur cerita harmonis : alur cerita yang ada harus sesuai dan harmonis antara satu paragraph dengan paragraph yang lainnya, sehingga pembaca tidak terkesan bingung saat membacanya.
10.   Penulisan EYD yang tepat : biasanya penulisan tersebut juga dapat disesuaikan dengan genre yang telah dipilih sebelumnya.
Pada akhir workshop, Ms. Nana juga memberikan tugas yakni membuat cerita pendek yang bertemakan bebas, ke-empat  peserta tersebut membuat cerita pendek dengan berbagai macam genre. Dari cerita pendek tersebut secara keseluruhan cerita-cerita tersebut semuanya menarik, namun terdapat satu yang menarik yakni cerita yang dibuat oleh Patricia Anais, alur cerita yang dibuat benar-benar tidak dapat disangka. Bila ingin membaca secara keseluruhan, silahkan mengunjungi Library Vita School di Lighthouse Campus J  







0 komentar:

Posting Komentar