Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 10 April 2012

Peringatan Nasional dan Internasional di Bulan April


1 Hari Bank Dunia
International Bank for Reconstruction and Development (IBRD, dalam bahasa-bahasa Roman: BIRD) atau Bank Internasional untuk Pembangunan Kembali dan Perkembangan, lebih dikenal sebagai Bank Dunia, adalah sebuah organisasi internasional yang didirikan untuk melawan kemiskinan dengan cara membantu membiayai negara-negara. Pengoperasian Bank Dunia dijaga melalui pembayaran sebagaima diatur oleh negara-negara anggota. Aktivitas Bank Dunia saat ini difokuskan pada negara-negara berkembang, dalam bidang seperti pendidikan, agrikultur dan industri. Markas Bank Dunia berada di Washington DC, AS.

2 Hari Peduli Autisme Sedunia
PBB atas usulan Qatar menetapkan tanggal 2 April sebagai Hari Peduli Autisme Sedunia. Wakil delegasi PBB dari Qatar, Nassir Abdelaziz Al Nassir dikenal di negaranya sebagai aktivis pembela hak asasi individu penyandang cacat telah berhasil mengangkat masalah autisme sebagai salah satu agenda tahunan PBB dan mendapatkan dukungan suara bulat dari 50 negara anggota PBB.


2 Hari Buku Anak Sedunia
Sejak tahun 1925, saat memperingati ulang tahun Christian Andersen pada 2 April, berbagai pengarang dari seluruh dunia berkumpul sebagai perhatian terhadap buku anak-anak. Acara ini didukukung oleh International Board on Books for Young People (IBBY), sebuah organisasi non profit yang membangun jaringan internasional bagi orang-orang yang memiliki komitmen untuk membuat buku dan anak-anak menyatu. Setiap tahun Intenational Children's Book Day dirayakan pada satu negara dari 60 National Section yang berkesempatan untuk menjadi sponsor. National sponsor ini nantinya akan memilih tema dan mengundang pengarang ternama dari negara penyelenggara untuk membuat pesan bagi perayaan.

6 Hari Nelayan Indonesia
Belum didapatkan informasi yang jelas mengenai penetapan tanggal tersebut dan sejarahnya. Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP RI) pun tampaknya belum menjadikan tanggal tersebut sebagai agenda resmi tahunan.  Konon, di Pelabuhan Ratu Sukabumi, setiap tahun para nelayan memperingati hari ini dengan berbagai aktivitas yang meriah, seperti ritual adat, lomba-lomba, pesta rakyat, dan sebagainya.

7 Hari Kesehatan Internasional
Hari Kesehatan Internasional didukung oleh World Health Organization. Dipilihnya tanggal 7 April, karena ditanggal yang sama pada tahun 1948 merupakan pertemuan Dunia Kesehatan pertama yang diadakan oleh WHO. Hari Kesehatan Internasional pertama kali diadakan pada tahun 1950. Tujuan peringatan Hari Kesehatan Internasional untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan.

9 Hari Tentara Nasional Indonesia - Angkatan Udara (TNI AU)
Sejarah lahirnya TNI AU bermula dari pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR) pada 23 Agustus 1945, guna memperkuat Armada Udara yang saat itu sangat kekurangan pesawat terbang dan fasilitas-fasilitas lainnya. Sejalan dengan perkembangannya berubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada tanggal 5 Oktober 1945 dengan nama TKR Jawatan Penerbangan di bawah pimpinan Komodor Udara Suryadi Suryadarma. Pada 23 Januari 1946 TKR ditingkatkan lagi menjadi TRI. Sebagai kelanjutan dari perkembangan tunas Angkatan Udara, maka pada tanggal 9 April 1946 TRI Jawatan Penerbangan dihapuskan dan diganti dengan Angkatan Udara Republik Indonesia yang kini diperingati sebagai hari lahirnya TNI AU yang diresmikan bersamaan dengan berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI).

16 Hari KOPASSUS (Komando Pasukan Khusus)
Hari KOPASSUS ini memperingati terbentuknya pasukan khusus menumpas pemberontakan separatisme di Indonesia sekitar tahun 1950. Dalam perkembangannya, pasukan khusus mendapat tugas untuk menumpas pemberontakan G30S/PKI dan berhasil menjalankan tugasnya. Berdasarkan Surat Keputusan Kasad Nomor Skep/446/V/1998 tanggal 2 Mei 1985, nama Kopassus (Komando Pasukan Khusus) dikukuhkan dan bermarkas di Cijantung. Mengingat tanggal 16 April 1952 merupakan sejarah terbentuknya pasukan khusus, maka setiap tanggal 16 April saat ini diperingati sebagai hari ulang tahun Kopassus.

17 Hari Hemophilia Sedunia
World Federation of Hemophilia (WFH) menjadi penggagas dari World Hemophilia Day untuk mempromosikan sebuah usaha global untuk membangun kesadaran akan treatment yang efektif dan aman bagi penderita Hemophilia. Dipilihnya tanggal 17 April, untuk memberikan penghargaan bagi Frank Schnabel yang menjadi pendiri WFH. Kegiatan ini telah dirayakan dilebih dari 100 negara.

18 Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika di Bandung
Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika (KTT Asia-Afrika; kadang juga disebut Konferensi Bandung) adalah sebuah konferensi tingkat tinggi antara negara-negara Asia dan Afrika, yang kebanyakan baru saja memperoleh kemerdekaan. KTT ini diselenggarakan oleh Indonesia, Myanmar (dahulu Burma), Sri Lanka (dahulu Ceylon), India dan Pakistan dan dikoordinasi oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Roeslan Abdulgani. Pertemuan ini berlangsung antara 18 April-24 April 1955, di Gedung Merdeka, Bandung, Indonesia dengan tujuan mempromosikan kerjasama ekonomi dan kebudayaan Asia-Afrika dan melawan kolonialisme atau neokolonialisme Amerika Serikat, Uni Soviet, atau negara imperialis lainnya.

19 Hari Pertahanan Sipil (HANSIP)
Kehadiran HANSIP dibumi persada ini bersamaan dengan peristiwa perang kemerdekaan yang dibentuk atas dasar kehendak rakyat, dengan cara ikut berpartisipasi aktif membantu angkatan perang melalui Pertahanan Garis Belakang, dalam bentuk penyelenggaraan Keamanan Rakyat. Setelah berakhirnya perang kemerdekaan secara formil organisasi HANSIP dibentuk di seluruh wilayah Republik Indonesia, dengan tujuan sebagai wadah yang senantiasa terlibat dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan, pemerintahan, penanggulangan bencana dan pengungsi, kegiatan bela negara, maupun penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat.

21 Hari Kartini
Kartini adalah seorang perempuan dari sebuah keluarga ningrat Jawa. Sampai usia 12 tahun, Kartini diperbolehkan bersekolah di ELS Europese Lagere School. Di sini Kartini belajar bahasa Belanda. Tetapi setelah usia 12 tahun, ia harus tinggal di rumah karena sudah bisa dipingit. Karena Kartini bisa berbahasa Belanda, maka di rumah ia mulai belajar sendiri dan menulis surat kepada teman-teman korespondensi yang berasal dari Belanda. Salah satunya adalah Rosa Abendanon yang banyak mendukungnya. Dari buku-buku, koran, dan majalah Eropa, Kartini tertarik pada kemajuan berpikir perempuan Eropa. Timbul keinginannya untuk memajukan perempuan pribumi, dimana kondisi sosial saat itu perempuan pribumi berada pada status sosial yang rendah. Oleh orangtuanya, Kartini disuruh menikah dengan bupati Rembang, Raden Adipati Joyodiningrat, yang sudah pernah memiliki tiga istri. Kartini menikah pada tanggal 12 November 1903. Suaminya mengerti keinginan Kartini dan Kartini diberi kebebasan dan didukung mendirikan sekolah wanita di sebelah timur pintu gerbang kompleks kantor kabupaten Rembang atau di sebuah bangunan yang kini digunakan sebagai Gedung Pramuka. Berkat kegigihannya Kartini, kemudian didirikan Sekolah Wanita oleh Yayasan Kartini di Semarang pada 1912, dan kemudian di Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon, dan daerah lainnya. Nama sekolah tersebut adalah "Sekolah Kartini". Yayasan Kartini ini didirikan oleh keluarga Van Deventer, seorang tokoh Politik Etis. Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.

22 Hari Bumi 
Hari Bumi digagas oleh Gaylord Nelson, seorang senator Amerika Serikat (AS) yang sangat prihatin terh`dap menurunnya kualitas lingkungan hidup. Nelson berpidato di Seattle tahun 1969, yang mendesak agar isu kontroversial lingkungan hidup dimasukkan dalam kurikulum resmi perguruan tinggi, mengikuti model teach in mengenai antiperang. Gagasan Nelson kurang mendapat tanggapan Presiden AS yang saat itu dijabat Richard Nixon, tetapi mendapat dukungan sangat kuat dari masyarakat sipil. Dukungan semakin besar, hingga mencapai puncaknya 22 April 1970. Majalah Time ketika itu memberitakan, sekitar 20 juta orang turun ke jalan di berbagai sudut AS untuk lebih memerhatikan Bumi. Aksi itu melibatkan 1.500 perguruan tinggi dan 10.000 sekolah di seluruh AS.

22 Hari Pohon
Arbor Day atau dikenal juga sebagai Hari Pohon dirayakan dengan menanam dan membangun kepedulian terhadap pohon, serta melakukan pendidikan atas pentingnya pohon bagi kehidupan. Arbor Day berasal dari Nebraska City, Nebraska, Amerika Serikat dan terus menyebar hingga diperingati di banyak negara sekarang ini.
Arbor Day pertama kali digagas oleh J. Sterling Morton yang lahir di Adams, New York. Morton pertama kali mengajukan Arbor Day sebagai perayaan penanaman pohon pada tahun 1872 dalam pertemuan Nebraska State Board of Agriculture. Pada perayaan Arbor Day yang pertama, 10 April 1874 diberikan hadiah kepada negara atau individu yang menanam pohon terbanyak. Diklaim telah tertanam lebih dari satu juta pohon dalam peringatan hari tersebut. Selanjutnya tanggal 22 April, sesuai tahun kelahiran J. Sterling Morton dijadikan sebagai tanggal peringatan Arbor Day.

23 Hari Buku Sedunia
World Book Day sendiri dicetuskan oleh UNESCO pada sebuah konferensi umum di Paris pada tahun 1995. Pada awalnya sebagai bagian dari perayaan Hari Saint George di wilayah Katalonia sejak abad pertengahan para pria memberikan mawar kepada kekasihnya. Namun sejak tahun 1923 para pedagang buku mempengaruhi tradisi ini untuk menghormati Miguel de Cervantes, seorang pengarang yang meninggal dunia pada tanggal 23 April sehingga sejak 1925 para perempuan memberikan sebuah buku sebagai pengganti mawar yang diterimanya. Pada masa itu lebih dari 400.000 buku terjual dan ditukarkan dengan empat juta mawar.

24 Hari Angkutan Nasional

24 Hari Solidaritas Asia-Afrika 

25 Hari Malaria Sedunia
Hari malaria sedunia dapat menjadi perayaan upaya global dalam memberikan pengendalian malaria yang efektif di seluruh dunia. Hari Malaria sedunia bukanlah hari untuk takut dan bersedih. Melainkan hari untuk memutuskan dan optimis, sebagaimana masyarakat global yang hingga saat ini telah memiliki cukup bukti bahwa perang terhadap malaria dapat dimenangkan bila pihak-pihak terkait mau bekerjasama secara efisien di level masyarakat, lokal, nasional, regional, dan internasional.

26 Hari Kekayaan Intelektual Sedunia
World Intellectual Property Day dilaksanakan secara rutin setiap tanggal 26 April. Acara ini dilaksanakan oleh World Intellectual Property Organization (WIPO) pada tahun 2001 untuk meningkatkan kesadaran akan hak kekayaan intelektual dalam hidup keseharian dan untuk merayakan kontribusi yang telah diberikan pada penemu dan seniman untuk mengembangkan kehidupan sosial di seluruh dunia. Tanggal 26 April dipilih karena pada tanggal tersebut World Intellectual Property Organization melakukan konvensinya pada tahun 1970.

27 Hari Pemasyarakatan Indonesia
Tanggal 27 April 1995 adalah salah satu hari bersejarah bagi unsur -unsur sistem peradilan pidana oleh karena pada hari ini genap 31 tahun disetujuinya konsepsi tentang pembinaan narapidana berdasarkan sistem pemasyarakatan sebagai realisasi gagasan pemasyarakatan yang dicetuskan oleh Prof. Sahardjo, S.H. tahun 1963.

28 Hari Puisi Nasional
Hari Puisi Nasional di Indonesia diperingati untuk menghargai peran besar penyair Indonesia, Chairil Anwar. Hari Puisi Nasional diperingati setiap tanggal 28 April yang menjadi tanggal wafatnya Chairil Anwar pada tahun 1949.

28 Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional
World Day for Safety and Healh at Work merupakan kampanye internasional untuk mempromosikan keselamatan dan kesehatan kerja. Hari ini juga merupakan International Workers' Memorial Day atau International Commemoration Day (ICD) for Dead and Injured yang diperingati karena tingginya tingkat kecelakaan kerja serta resiko kesehatan bagi pekerja.
Workers' Memorial Day dimulai oleh Canadian Union of Public Employees (CUPE) pada tahun 1984, Canadian Labour Congress kemudian mendeklarasikan hari tersebut secara rutin pada 28 April 1985, yang juga merupakan hari ulang tahun Workers Compensation Act yang mulai ada pada tahun 1914.

29 Hari Tari Internasional
International Dance Day (World Dance Day) dipromosikan dan dirayakan oleh International Dance Council (CID) untuk mempromosikan tari. Perayaan tersebut diperkenalkan pada tahun 1982 oleh Komite Tari Internasional UNESCO International Theatre Institute. Tanggal tersebut diusulkan oleh Pyotr Gusev untuk memperingati kelahiran Jean-Georges Noverre.
Tujuan dari peringatan ini untuk membangun kesadaran akan pentingnya tari bagi masyarakat umum, serta mengajak pemerintah dari seluruh dunia untuk menyediakan sistem bagi pendidikan tari dari level dasar hingga level tinggi.

Sumber :
Website Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (http://www.pnri.go.id/HariPenting.aspx)

0 komentar:

Posting Komentar