Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 01 Desember 2011

Sejarah Transportasi

Transportasi darat

Awal mula dari terciptanya alat transportasi terjadi sejak jaman prasejarah, dimana manusia pada jaman purbakala mulai menemukan roda untuk memindahkan beban yang berat. Sebelum ditemukannya roda sekitar 5000 tahun yang lalu, orang berpergian dengan berjalan kaki dan tidak banyak yang bisa bepergian jauh dari rumahnya. Secara bertahap, manusia belajar menjinakkan dan mengendarai binatang seperti kuda dan unta, tapi hanya roda yang memudahkan manusia membawa muatan yang berat pada jalur darat, terutama ketika jalan yang bagus sudah dibangun.

Roda pertama dibuat sekitar tahun 3500 SM di Mesopotamia, daratan di antara Sungai Tigris dan Eufrat. Roda dibuat dengan memotong batang pohon yang berbentuk bulat dan memasangnya pada papan kayu untuk membuat gerobak. Jenis roda pertama ini memang kuat, namun terlalu berat karena terbuat dari kayu pejal dan membuat kendaraan tidak dapat bergerak cepat. Seiring berkembangnya peradaban, orang-orang romawi membuat roda yang lebih ringan dengan menghilangkan bagian tengahnya dan sekarang menggantinya dengan jari-jari sehingga kendaraan dapat bergerak lebih cepat. Saat ini, ban tidak terbuat dari kayu lagi, melainkan terbuat dari campuran karet dan baja. Pada permukaan ban terdapat alur yang disebut tapak dan berfungsi mencengkeram permukaan tanah selama roda berputar.

Selain ban, penemuan mesin uap juga merupakan cikal bakal terciptanya alat transportasi. Sebelum ditemukannya mesin uap, kereta masih menggunakan hewan sebagai tenaga penggeraknya. Mesin uap ini digunakan untuk menarik kereta, namun jalannya masih sangat lambat. Mesin uap ini terus mengalami perkembangan, sampai akhirnya ditemukan mesin dengan bahan bakar minyak yang saat ini banyak digunakan pada kendaraan bermotor.

Transportasi Laut

Pada masa lalu, manusia menggunakan perahu kecil hanya untuk berpergian atau bekerja, seperti memancing, berlayar ke hilir atau hulu sungai, dan sepanjang pantai. Perahu pertama dibuat dari bahan sederhana yang mudah ditemukan dan digunakan. Alang-alang diikat rapat untuk membuat perahu yang kuat dan kedap air. Lalu diciptakannya kano dug-out yang dibuat dengan melubangi bagian tengah pohon. Ini adalah perahu pertama buatan manusia prasejarah ribuan tahun lalu dan sekarang masih digunakan di beberapa bagian dunia.

Alat penggerak perahu tradisional adalah dayung yang digerakkan oleh manusia dan juga terkadang dilengkapi dengan layar yang digerakkan dengan tenaga angin. Seiring penemuan mesin uap, mulai diciptakan kapal bertenaga uap yang pertama kali beroperasi di Amerika Serikat pada tahun 1787. Saat ini hampir semua transportasi laut menggunakan mesin berbahan bakar minyak.
 
Transportasi Udara

Penemuan transportasi udara bermula ketika tecipta rancangan parasut oleh Da Vinci (1485) dan rancangan balon udara panas oleh Francesco de Lama (1709). Rancangan tersebut kemudian diwujudkan dengan adanya penemuan balon udara panas dan parasut pada tahun 1783. Kemudian pada tahun 1853, kapal udara Zeppelin ditemukan oleh Ferdinand Graf von Zeppelin. Penemuan pesawat udara sendiri terjadi pada tahun 1903 oleh Orville dan Wibur Wright, dan pada tahun 1963 helikopter ditemukan oleh Heinrich Focke di Jerman.  

Dari berbagai penemuan penting diatas, lambat laun mulai diciptakan berbagai alat transportasi mulai dari yang sederhana seperti sepeda sampai yang rumit seperti pesawat dan kapal. Di masa yang akan datang, tidak diragukan bahwa alat transportasi akan selalu mengalami perkembangan teknologi, yang tujuannya untuk semakin memudahkan manusia dan semakin ramah lingkungan.

Source : Brooks, Philip. 2002. Buku Seri Tanya Jawab Alat Transportasi 1. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Edit by : Vita Library 

1 komentar: