Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 07 Mei 2012

Peringatan Nasional dan Internasional di Bulan Mei


1 Hari Buruh Sedunia

Hari Buruh pada umumnya dirayakan pada tanggal 1 Mei, dan dikenal dengan sebutan May Day. Hari buruh ini adalah sebuah hari libur (di beberapa negara) tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Ada dua orang yang dianggap telah menyumbangkan gagasan untuk menghormati para pekerja, Peter McGuire dan Matthew Maguire, seorang pekerja mesin dari Paterson, New Jersey. Dalam tahun-tahun berikutnya, gagasan ini menyebar dan semua negara bagian merayakannya. Pada 1887, Oregon menjadi negara bagian pertama yang menjadikannya hari libur umum. Pada 1894. Presider Grover Cleveland menandatangani sebuah undang-undang yang menjadikan minggu pertama bulan September hari libur umum resmi nasional. Sementara 1 Mei dipilih karena pada 1884 Federation of Organized Trades and Labor Unions, yang terinspirasi oleh kesuksesan aksi buruh di Kanada 1872, menuntut delapan jam kerja di Amerika Serikat dan diberlakukan mulai 1 Mei 1886.



1 Hari Peringatan Pembebasan Irian Barat


Pada saat kemerdekaan, pemerintah Belanda mempertahankan kekuasaan terhadap belahan barat pulau Nugini (Irian), dan mengizinkan langkah-langkah menuju pemerintahan-sendiri dan pendeklarasian kemerdekaan pada 1 Desember 1961. Negosiasi dengan Belanda mengenai penggabungan wilayah tersebut dengan Indonesia gagal, dan pasukan penerjun payung Indonesia mendarat di Irian pada 18 Desember sebelum kemudian terjadi pertempuran antara pasukan Indonesia dan Belanda pada 1961 dan 1962. Pada 1962 Amerika Serikat menekan Belanda agar setuju melakukan perbincangan rahasia dengan Indonesia yang menghasilkan Perjanjian New York pada Agustus 1962, dan Indonesia mengambil alih kekuasaan terhadapa Irian Jaya pada 1 Mei 1963.

2 Hari Pendidikan Nasional

Hari Pendidikan Nasional didirikan berdasarkan atas hari lahir bapak pendidikan nasional, Ki Hajar Dewantara. Ajarannya yang terkenal adalah tut wuri handayani (dibelakang memberi dorongan), ing madya mangun karsa (di tengah menciptakan peluang untuk berprakarsa), ing ngarsa sungtulada (di depan memberi teladan).

3 Hari Surya


3 Hari Pers Sedunia

World Press Freedom Day diadakan oleh PBB untuk meningkatkan kesadaran kebebasan pers dan mengingatkan pemerintah akan tugas mereka untuk peduli dan menghargai kebebasan berekspresi sesuai dengan artikel 19 dari Universal Declaration of Human Rights.
Peringatan ini mulai dilakukan oleh PBB pada tahun 1993. Dipilihnya tanggal 3 Mei, juga sebagai Declaration of Windhoek, sebuah pernyataan prinsip kebebasan pers yang dibuat oleh Jurnalist Surat Kabar Afrika di tahun 1991.
UNESCO menandai World Press Freedom Day dengan mempersembahkan UNESCO/Guillermo Cano World Press Freedom Prize kepada individu, organisasi atau lembaga yang memberikan kontribusinya untuk mempertahankan atau mempromosikan kebebasan pers di mana saja di seluruh dunia, terutama mereka yang harus berhadapan dengan bahaya.


4 Hari Pemadam Kebakaran Internasional

International Firefighters' Day (IFFD) diperingati setiap tanggal 4 Mei. Sebelumnya usulan ini dikirimkan melalui email ke seluruh dunia pada tanggal 4 Januari 1999 untuk mengenang empat orang pemadam kebakaran yang bernasib tragis saat mencoba memadamkan kebakaran hebat di Australia. Tanggal 4 Mei diperingati sebagai Firefighters' Day dibanyak negara Eropa.
International Firefighters' Day (IFFD) merupakan waktu bagi warga dunia untuk memberikan penghargaan atas pengorbanan para pemadam kebakaran yang telah berjasa menyelamatkan masyarakat dan lingkungan. Di hari tersebut, biasanya juga diberikan penghargaan kepada mantan pemadam kebakaran yang telah memberikan kontibusinya bagi masyarakat.

5 Hari Bidan Internasional

International Midwives' Day pertama kali dirayakan pada 5 Mei 1991 dan sejak itu dirayakan dilebih dari 50 negara di Dunia. Ide dari peringatan ini untuk menghormati jasa para bidan yang pada tahun 1987 mengadakan International Confederation of Midwives Conference di Belanda.

8 Hari Palang Merah Internasional


Kisah pribadi Henry Dunant yang dituangkan dalam sebuah buku mengenai penderitaan para tentara sewaktu perang menimbulkan ide akan terbentuknya Komite Bantuan Internasional untuk korban luka-luka pada tahun 1863. Untuk menghormati jasa-jasa Henry Dunant di bidang kem`nusiaan maka setiap tanggal 8 Mei bertepatan dengan hari lahir beliau, ditetapkan sebagai Hari Palang Merah Internasional.


10 Hari Lupus Sedunia

World Lupus Day yang diperingati setiap tanggal 10 Mei, pertama kali dicanangkan pada tahun 2004 saat dewan internasional mempertemukan organisasi internasional yang fokus pada penyakit lupus dari 13 negara berbeda di Eaton, Inggris untuk menyelenggarakan perayaan pertama Hari Lupus Sedunia. Pencanangan ini untuk mengingatkan pemerintah di seluruh dunia agar meningkatkan dukungan dana mereka terhadap penelitian penyakit lupus, membangun kepedulian dan pelayanan terhadap para penderita.

11 Hari POM - TNI

12 Hari Perawat Internasional

International Nurses Day dirayakan di dunia untuk memperingati kelahiran Florence Nightingale oleh International Council of Nurses (ICN). Florence Nightingale (12 Mei 1820 - 13 Agustus 1910) adalah pelopor perawat modern, penulis dan ahli statistik. Ia dikenal dengan nama Bidadari Berlampu (bahasa Inggris The Lady With The Lamp) atas jasanya yang tanpa kenal takut mengumpulkan korban perang pada perang Krimea, di semenanjung Krimea, Rusia.
Florence Nightingale menghidupkan kembali konsep penjagaan kebersihan rumah sakit dan kiat-kita juru rawat. Ia memberikan penekanan kepada pemerhatian teliti terhadap keperluan pasien dan penyusunan laporan mendetil menggunakan statistik sebagai argumentasi perubahan ke arah yang lebih baik pada bidang keperawatan di hadapan pemerintahan Inggris.

15 Hari Keluarga Internasional

Pada tahun 1993, Majelis Umum PBB memutuskan tanggal 15 setiap tahun diperingati sebagai International Day of Families melalui Resolusi 47/237 pada tanggal 20 September. Pada tahun 1989, melalui resolusi 44/82, Majelis Umum memproklamirkan tahun 1994 sebagai Tahun Internasional Keluarga untuk meningkatkan kesadaran terhadap isu-isu keluarga.

17 Hari Buku Nasional

Menteri Pendidikan Nasional Abdul Malik Fadjar mencanangkan tanggal 17 Mei sebagai Hari Buku Nasional. Ide adanya Hari Buku datang dari masyarakat perbukuan guna memacu minat baca masyarakat Indonesia, sekaligus menaikkan penjualan buku.

17 Hari Komunikasi Internasional

Pada 17 Mei tahun 1865, ditandatangani perjanjian oleh wakil dari 20 negara yang berkumpul di Paris yang mendukung berdirinya International Telegraph Union. Hari pendirian organisasi telegraf internasionallah yang diperingati sebagai Hari Komunikasi Internasional. Pada tahun 1906, berdiri pula organisasi internasional lain di bidang telekomunikasi dengan nama International Radiotelegraph Union yang pada tahun 1934, kedua organisasi itu dilebur menjadi satu dengan nama International Telecommunication Union yang kini menjadi salah satu badan resmi PBB.

19 Hari Korps Cacat Veteran Indonesia

20 Hari Kebangkitan Nasional

Budi Utomo adalah organisasi pemuda yang didirikan oleh Dr. Sutomo pada tanggal 20 Mei 1908. Berdirinya Budi Utomo menjadi awal gerakan yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia. Saat ini tanggal berdirinya Budi Utomo, 20 Mei, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

21 Hari Dialog dan Pengembangan Perbedaan Budaya Sedunia

World Day for Cultural Diversity for Dialogue and Development dilaksanakan setiap tanggal 21 Mei untuk membangun kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya perbedaan budaya.Di akhir tahun pada 20 Desember 2002, Majelis Umum PBB mendeklarasikan 21 Mei sebagai World Day for Cultural Diversity for Dialogue and Development. PBB percaya bahwa terdapat hubungan antara perbedaan budaya dan pentingnya dialog antar warga masyarakat di dunia modern. Peringatan ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 2003.

22 Hari Keanekaragaman Hayati

International Day for Biological Diversity atau disebut juga World Biodiversity Day menjadi hari yang diperingati oleh PBB untuk mempromosikan isu-isu keanekaragaman hayati. Tanggal ini berdasarkan Konvensi Rio Earth Summit pada 22 Mei 1992.

29 Hari Lanjut Usia Nasional

Penetapan 29 Mei sebagai Hari Lanjut Usia Nasional HLUN untuk mengingatkan nilai historis dan strategis, di mana tanggal itu dilaksanakan sidang pertama BPUPKI yang waktu itu dipimpin Dr Radjiman Widiodiningrat, seorang sepuh (tertua) yang dengan kearifannya mencetuskan gagasan perlunya dasar pilosofis Negara Indonesia. Penetapan 29 Mei sebagai HLUN, adalah untuk menghormati dan menghargai keberadaan lansia di tengah masyarakat, yang selalu diperingati setiap tahun. Tujuannya, menggugah perhatian dan kepedulian masyarakat terhadap kebdradaan lansia.

29 Hari Internasional Penjaga Perdamaian PBB

Misi PBB adalah untuk membawa dan menciptakan perdamaian bagi dunia yang berkelanjutan. Bagi negara yang sedang dilanda perang, perdamaian merupakan kebutuhan dasar. Pasukan Perdamaian PBB menolong negara yang dilanda perang untuk hidup dalam kedamaian.
Pasukan Perdamaian ini terdiri dari tentara, polisi dan personil sipil dari berbagai negara di seluruh dunia. Mereka membantu memonitoring proses perdamaian. Pada tahun 1988, hadiah Nobel diserahkan kepada Pasukan Perdamaian PBB. Pada tanggal 29 Mei, PBB menjadikan tanggal tersebut sebagai Hari Internasional Penjaga Perdamaian PBB untuk memberikan penghargaan kepada wanita dan pria yang telah membantu dan menjalankan misi perdamaian Pasukan Penjaga Perdamaian PBB.

31 Hari Tanpa Tembakau Sedunia

World No Tobacco Day diperingati diseluruh dunia setiap tanggal 31 Mei. Peringatan ini dimotori oleh anggota World Health Organization pada tahun 1987. Peringatan ini untuk membangun kesadaran global akan bahaya penggunaan tembakau dan akibat negatifnya bagi kesehatan. Penggunaan tembakau paling tidak telah membuat 5,4 juta penduduk bumi meninggal setiap tahunnya.
Semenjak tahun 1988, WHO memberikan penghargaan World No Tobacco Day (WNTD) kepada organisasi atau individu yang memberikan konstribusi bagi pengurangan konsumsi tembakau.
Pada tahun 1987, the World Health Assembly mengeluarkan Resolusi WHA40.38, yang menetapkan 7 April 1988 sebagai "a world no-smoking day". Selanjutnya pada tahun 1988, PBB mengeluarkan Resolusi WHA42.19, yang menetapkan World No Tobacco Day setiap tanggal 31 Mei.

Sumber :

Website Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (http://www.pnri.go.id/HariPenting.aspx)

0 komentar:

Posting Komentar