Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 22 September 2011

Sejarah Film Dunia

Film biasa dipakai untuk merekam suatu keadaan, atau mengemukakan sesuatu. Film dipakai untuk memenuhi suatu kebutuhan umum, yaitu mengkomunikasikan suatu gagasan, pesan atau kenyataan. Karena keunikan dimensinya  dan sifat hiburannya, film telah diterima sebagai salah satu media audio visual yang paling popular dan digemari. Dunia film sebetulnya berakar dari fotografi, sedangkan animasi berakar dari dari dunia gambar, yaitu ilustrasi desain grafis (desain komunikasi visual).

Tahun 1250, ditemukan sebuah kamera bernama OBSCURA.

Tahun 1250-1895, disebut dengan masa pra sejarah film karena itu merupakan masa dimana terdapat penemuan baru yg disebabkan obsesi besar orang Eropa.

Tahun 1880-an, Jean Marey menggunakan alat potret beruntun merekam secara terus menerus gerak terbang burung, berbagai kegiatan manusia dan binatang lainnya. Sebuah alat yang menjadi cikal bakal kamera film hidup yang berkembang sampai saat ini.

Tahun 1892, Emile Reynauld mengembangkan mainan gambar animasi ayng disebut Praxinoscope, berupa rangkaian ratusan gambar animasi yang diputar dan diproyeksikan pada sebuah cermin menjadi suatu gerak film, sebuah alat cikal bakal proyektor pada bioskop
 
Tahun 1895, dikenal sebagai tahun dimana awal adanya sebuah sinema. Kira-kira pada tanggal 28 des 1895, Lumiere bersaudara (frere) yaitu Louis dan Auguste mempertunjukan cinematograph untuk pertama kalinya kpd masyarakat Paris di sebuah cafe hanya dengan membayar 1 franc. Jadi hingga saat ini hal itulah yang dianggap menjadi hari dimana sebuah sinema itu ada.

Penemu alat perekam gerak selain Lumiere & Melies:
  • Thomas A. Edison (USA), 1880-an
  • Max Skladandwsky (Jerman)
  • Friese Green (Inggris)

Nama gambar bergerak pada zaman dahulu:
    Flicker: "bersemut"
    Film: Biasanya berhubungan dengan sosial dan politik
    Movie: Biasanya berhubungan dengan industri dan bersifat komersil (uang)
    Cinema: Biasanya berhubungan dengan estetika

Keunggulan cinematograph (Lumiere) dibandingkan dengan alat perekam lain:
1. Gambar yang dihasilkan lebih tajam

2. Intermittent movement (gerak sendat)

3. Proyektor

4. Fleksibel (kamera ringan & kecil)

Perbedaan

*Lumiere Frere

Orang yg sebenarnya tidak punya ketertarikan dalam film, namun tertarik pada alat yg bisa merekam gambar bergerak):

    Filmnya merupakan kejadian sehari"
    Filmnya merupakan kejadian yg sudah ada
    Fakta
    Dokumenter

*George Melies


Sutradara teater yg tertarik memfilmkan sebuah teater ketika melihat alat perekamnya Lumiere:

    Filmnya merupakan cerita khayalan
    Filmnya merupakan kejadian yg diciptakan
    Fiksi (impresionisme,ekspresionisme,surealisme,etc)
    Cerita

Istilah dalam Sinematografi, antara lain :
    Kinetograph: alat perekam gerak
    Kinetoscope: alat untuk memproyeksikan gerak
    Phonograph: alat perekam suara
 

Tahun 1900 - 1920an merupakan masa perkembangan film animasi.Rangkaian gambar-gambar blabar hitam(black-line) dibuat di atas lembaran putih, dipotret dengan film negative sehingga yang terlihat figur menjadi putih dan latar belakang menjadi hitam. namun pada masa ini, film animasi masih berupa audio saja tanpa suara. Era ini merupakan era terciptanya film animasi 2D.Tahun 1922, Film 3D pertama, “The Power of Love” dirilis. Film merah dan hijau yang terpolarisasi , ditonton dengan menggunakan kacamata merah dan hijau untuk menciptakan efek 3D.
Pada tahun 1931 Disney membuat film animasi warna pertama dalam filmnya “Flower and Trees”. Dan film animasi kartun panjang pertama dibuat Disney pada tahun 1938, yaitu film “Snow White and Seven Dwarfs”. Walt Disney mulai menambahkan suara pada tiap karakter dan efek musik pada karya ciptaannya.

Tahun 1970, Direktur Film Allan Sollipant dan Opticist Chris Condon menciptakan teknologi 3D baru yang disebut “stereovision”. Metode baru ini menggantikan penggunaan dua film terpisah pada dua layar, dengan film 3D baru yang diproyeksikan ke layar tunggal.


Tahun 2004, Film 3D IMAX pertama, “The Polar Express” dirilis.

http://riezaharrysetiawan.blogspot.com/2011/10/sejarah-film-animasi.html  

Edit by : Vita Library

0 komentar:

Posting Komentar